Labels

Monday 10 March 2014

Jenis - Jenis Musik yang Saya Suka




Hallo Friends kembali lagi saya cerita tentang musik.
Saya akan menjelaskan jenis musik yang saya sukai.
Let's start

Jenis  musik ada banyak, namun tidak semua saya sukai. Ada banyak orang yang menilai bahwa musik dalam negeri itu ketinggalan jaman, seperti penilaian kebanyakan orang Indonesia bahwa musik dangdut itu adalah musik "kampungan", dan penilaian itu banyak di dengar dari orang Indonesia sendiri. Menurut saya sendiri, kenapa orang harus menganggap bahwa musik dangdut itu adalah musik kampungan, sebenarnya itu semua terjadi karena ketidak sadaran orang Indonesia akan budaya yang sebenarnya yang ada di Indonesia, dan terlalu menjamurnya genre musik luar negeri di Indonesia. Saya memang suka genre musik luar negeri, tetapi saya tidak menganggap bahwa musik luar negeri lebih bagus dari pada musik yang berasal dari negara saya sendiri.

Karena sebenarnya musik dalam negeri seperti lagu dan musik tradisional, musik dangdut atau musik melayu sendiri tidak semua orang bisa memainkan ataupun menyanyikannya, karena musik atau lagu dalam negeri lebih sulit. Dan juga ada yang penting yang harus di ketahui oleh orang Indonesia, bahwa banyak orang luar negeri yang menyukai musik dalam negeri kita, seperti gamelan jawa, lagu dangdut bahkan lagu-lagu melayu. Menyanyikan lagu daerah itu juga tidak semua orang bisa menyanyikannya, karena membutuhkan cengkok-cengkok yang khas yang hanya orang tertentu yang bisa saja menyanyikannya. Seperti lagu dangdut lagu dan melayu, dan itulah yang harusnya kita sadari betapa sulitnya mennyanyikan lagu daerah atau lagu dalam negeri, memang menyanyikan lagu barat juga mempunyai kesulitan tersendiri seperti improvisasi yang tidak semua orang bisa berimprovisasi, bahkan saya sendiri merasa kesulitan untuk berimprovisasi saat menyanyikan lagu barat. Namun rasa cinta dan menghargai itulah yang harus ada dalam diri kita agar lagu dalam negeri kita bisa terkenal dan mendunia juga seperti lagu korea ataupun lagu dari negara-negara lain yang sudah terkenal. Karena rasa tidak menghargai orang Indonesia kebanyakan terhadap lagu daerah sehinggan orang lain pun tidak akan tau karena kita sendiri  sudah tidak suka dengan lagu ataupun musiknya sehingga kita tidak akan tahu lebih dalam akan apa yang kita miliki dan tidak mau mengenalkannya kepada orang banyak. Itulah mengapa musik luar negeri lebih terkenal dari pada musik kita, musik Indonesia. Seperti musik Korea, mereka merasa bangga akan musik dalam negerinya dan mengetahui musik dalam negerinya dan dengan pasti itu akan menimbukan rasa percaya diri sehingga orang lain mau untuk menyukai lagu mereka karena mereka sendiri menyukai musik dalam negeri mereka.

Saya rasa saya terlalu banyak menjelaskan mengapa orang Indonesia tidak suka dengan musik dalam negeri sendiri. sekarang saya mulai dengan lagu dangdut.

1. Musik Dangdut
Menurut data yang saya dapat dari http://id.wikipedia.org/wiki/Dangdut


Penyebutan nama "dangdut" merupakan onomatope dari suara permainan tabla (dalam dunia dangdut disebut gendang saja) musik India. Putu Wijaya awalnya menyebut dalam majalah Tempo edisi 27 Mei 1972 bahwa lagu Boneka dari India adalah campuran lagu Melayu, irama padang pasir, dan "dang-ding-dut" India. Sebutan ini selanjutnya diringkas menjadi "dangdut" saja, dan oleh majalah tersebut digunakan untuk menyebut bentuk lagu Melayu yang terpengaruh oleh lagu India.


Dangdut merupakan salah satu dari genre seni musik Indonesia yang mengandung unsur-unsur musik Hindustan atau India klasik dikarenakan menggunakan alat musik utama dangdut yaitu Tabla yang merupakan alat musik dari India, Pakistan, dan khususnya Asia Selatan, kemudian berkembang ke Indonesia yang berakar dari pedagang Gujarat yang juga menyebarkan agama Islam pada zaman itu. Sehingga dangdut memiliki unsur Melayu dan Arab. Dangdut juga dipengaruhi musik India melalui film Bollywood oleh Ellya Khadam dengan lagu Boneka India, dan terakhir lahir sebagai Dangdut tahun 1968 dengan tokoh utama Rhoma Irama. Dalam evolusi menuju bentuk kontemporer sekarang masuk pengaruh unsur-unsur musik India (terutama dari penggunaan tabla) dan Arab (pada cengkok dan harmonisasi). Perubahan arus politik Indonesia pada akhir tahun 1960-an membuka masuknya pengaruh musik barat yang kuat dengan masuknya penggunaan gitar listrik dan juga bentuk pemasarannya. Sejak tahun 1970-an dangdut boleh dikatakan telah matang dalam bentuknya yang kontemporer. Sebagai musik populer, dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh bentuk musik lain, mulai dari keroncong, langgam, degung, gambus, rock, pop, bahkan house music.

Sedikit lagu dangdut yang bisa saya share ke teman-teman semua.
  • Pak Hj.Rhoma Irama ft Rita Sugiarto - Cuma Kamu
 


  • Ayu Ting Ting - Minyak Wangi


2. Musik Melayu

Menurut data yang saya dapat dari http://id.wikipedia.org/wiki/Musik_Melayu

Musik Melayu adalah aliran musik tradisional yang bermula dan berkembang di wilayah pantai timur Sumatra, Kalimantan, dan Semenanjung Malaya. Musik ini biasanya dinyanyikan oleh orang-orang dari suku bangsa Melayu yang tidak jarang diiringi pula dengan tarian khas Melayu setempat misalnya tari Persembahan dalam perhelatan atau pesta adat, penyambutan tetamu kehormatan, dan dalam kegiatan keagamaan. Yang menarik dari aliran musik ini terletak pada susunannya yang terdiri dari lirik lagu yang mengandung syair yang disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari dan penuh dengan tunjuk ajar (pesan moral), diisi dengan suara atau vokal khas cengkok Melayu, dan aransemen musik yang tersusun rapi.
Seiring dengan perkembangan zaman musik Melayu mengalami keberingsutan gaya musik misalnya saja mengalami perpaduan dengan aliran musik pop, musik rok, dan dangdut. Aliran ini dapat dijumpai di negara-negara serumpun Melayu, seperti Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.
Pada awal perkembangannya alat musik yang digunakan lebih didominasi oleh tingkahan rebana, petikan gambus, gesekan biola, picitan akordion, tingkahan gong, dan tiupan serunai. Ini dipengaruhi oleh kebudayaan dari tanah Arab dan Eropa tradisional. Seiring dengan perkembangan teknologi itu semua digantikan dengan alat musik elektronik berupa keyboard. Walaupun demikian, dalam kegiatan-kegiatan tertentu alat musik tradisional masih tetap digunakan demi melestarikan warisan kebudayaan.
Dalam kiprahnya aliran ini sempat populer di era '80-an bahkan memasuki era "puncak kegemilangan" di era '90-an. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya penyanyi & grup band Melayu, dan pendatang baru yang bermunculan dengan lagu-lagu andalan masing-masing.

Berikut lagu melayu yang saya berikam


  • Bunga Seroja


  • Siti Nurhaliza - Cindai

  • Amy - Isabella

Ok... saya rasa kita harus selesai membahas soal musik melayu. Sekarang ayo kita mulai bahasan baru, yaitu Musik Daerah.

3. Musik Tradisional
Kalau bicara soal musik Tradisional tentunya bukan hanya membahas musik atau lagu satu daerah saja, tetapi saya akan membahas beberapa lagu tradisional kepada teman-teman semua.
Menurut data yang saya dapat dari http://id.wikipedia.org/wiki/Musik_tradisional

Musik tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun, dipertahankan sebagai sarana hiburan. Tiga komponen yang saling memengaruhi diantaranya Seniman, musik itu sendiri dan masyarakat penikmatnya. Sedangkan maksudnya untuk memper-satukan persepsi antara pemikiran seniman dan masyarakat tentang usaha bersama dalam mengembangkan dan melestarikan seni musik tradisional. Menjadikan musik tradisional sebagai perbendaharaan seni di masyarakat sehingga musik tradisional lebih menyentuh pada sektor komersial umum.
Kegiatan ini diharapkan mampu memberi kontribusi bagi peserta juga kepada masyarakat luas sehingga musik tradisional dapat berperan sebagai hiburan untuk menjalankan bisnis para pengusaha. Musik Tradisional juga adalah musik yang berkembang secara tradisional di kalangan suku-suku tertentu.

Kalau bicara soal musik tradisional sudah pasti yang pertama adalah musik daerah Sumatera Utara. Itu pasti dan saya bangga membahas musik dan lagu batak karena saya sendiri berasal dari daerah Sumatera Utara.
  • Musik Daerah Sumatera Utara
Musik daerah Sumatera Utara alias musik batak atau lagu batak akrab dengan power yang kuat dan suara merdu. Nah sekarang saya mulai dengan lagu yang terkenal dari lagu batak toba, yaitu :

Nainggolan Siater - Sai Anju Ma Au


Victor Hutabarat - Boru Panggoaran

 
 Lagu ini bercerita tentang seorang ayah yang berharap agar anaknya bisa menjadi sukses dan berhasil karena dia lah yang nantinya akan merawat orang tuanya setelah tua nanti. I think it's So sweet, because this song give us lesson about love of our parents to us. : )

Yang satu ini, lebih berbeda lagi karena saya suka menyanyikan lagu ini semasa Sekolah Dasar dulu jadi saya sangat senang membagikan lagu ini.

Trio Maduma - Atik


Christine Panjaitan - O Tano Batak


Kalau yang satu ini adalah lagu asli dari daerah yang lebih khusus dari daerah ayah saya. Yang satu ini spesial seperti martabak
 
Piso Surit - Djaga Depari - Viky Sianipar - Toba Dream



Mbuah Page 


Terang Bulan


Saya rasa sudah banyak lagu daerah Sumatera Utara yang saya berikan, dan sebenarnya masih banyak lagi yang saya mau share, tetapi karena akan terlalu banyak memakan waktu maka kita lanjut saja.

  • Musik Daerah Sulawesi Utara, Ambon
O Ina Ni Keke
 
 
Glen Fredly - Rame-Rame/Timur
 
 

Monita Tahalea - Sio Mama 


  • Lagu Daerah Jawa Barat, Jawa Tengah
Bubuy Bulan
 
 
 Gundul-Gundul Pacul
 
 
It's enough I share about traditional song. Now I want to share another gendre that I like.
 
4. Musik POP
Musik POP biasanya terkenal dengan cepat tetapi banyak musik pop yang lagunya dengan cepat tenggelam ketenarannya dan mudah di lupakan oleh orang-orang. Tetapi tidak semua lagu POP dengan cepat tenggelam. Contohnya lagu Michael Jackson, West Life, dan masih banyak lagi.
menurut data yang saya dapat dari http://id.wikipedia.org/wiki/Musik_pop
 
Musik pop (istilah yang awalnya berasal dari singkatan dari "populer") adalah sebuah genre musik dari musik populer yang berasal dalam bentuk modern pada 1950-an, yang berasal dari rock and roll. Istilah musik populer dan musik pop sering digunakan secara bergantian, meskipun yang pertama adalah deskripsi musik yang populer (dan dapat termasuk gaya apapun), sedangkan yang terakhir adalah genre tertentu yang mengandung kualitas daya tarik massa.
Sebagai genre, musik pop sangat eklektik, sering meminjam elemen dari gaya-gaya lain termasuk urban, dance, rock, latin dan country; Musik pop umumnya dianggap sebagai sebuah genre yang komersial dicatat dan keinginan untuk memiliki daya tarik audiens massa.

Ok, let's start with the only one, siapa lagi kalau bukan The King of Pop.

Michael Jackson - Rock With You


Then we have The Powerfull Singer, it's 
Charice Pempengco - Through The Years
 


 West Life - Soledad


N Sync - Bye Bye Bye


Kalau yang satu ini sedikit berbeda dari yang saya tunjukkan, kali ini datang dari negeri Ginseng Korea, dengan band nya CN Blue
 
CN Blue - I'm Loner



Ok teman-teman semua, saya rasa sudah cukup untuk post saya yang satu ini. Semoga teman-teman merasa terhibur, dan maafkan kalau dalam penulisan saya ada kesalahan, dan saya juga menerima kritik dan saran.
 
Thank You and Good Bye
 

No comments:

Post a Comment